Kumpulan Hot Thread dan Top Thread Terbaik Kaskus!

Tips Panduan Memilih Posisi Tempat Duduk Terbaik di Bioskop

Tempat Duduk Terbaik Bioskop
Bioskop
INTRO
Dari banyaknya fasilitas premium yang ditawarkan bioskop untuk para penonton, salah satunya adalah posisi tempat duduk. Bagi sebagian besar penonton bioskop, posisi tempat duduk di sedikit banyak memengaruhi sensasi nonton film di bioskop hingga akhir. Selama ini, para penonton cenderung memilih tempat duduk di bagian tengah bioskop, mungkin karena sejajar dengan layar, tak harus mendongak, menunduk, atau bahkan serong ke kanan atau kiri.

Kriteria-kriteria tersebut di atas secara umum sudah benar, tetapi hal itu masih sangat dangkal, dan bisa lebih diperdalam menjadi tiga kriteria utama dalam memilih tempat duduk di bioskop. Blogger sains asal Amerika Serikat, Presh Talwalkar dari situs MindYourDecisions pun mencoba memaparkannya secara ilmiah.
Simak di bawah ini Gan

1. Hindari Pegal-pegal di Leher
Kriteria pertama dan paling mendasar adalah memilih tempat duduk yang tak menyebabkan pegal-pegal di leher. Jika duduk terlalu dekat dengan layar, maka pandangan harus mendongak ke atas, dan itu harus dilakukan minimal 90 menit sesuai durasi film. Hal tersebut akhirnya akan menyebabkan pegal-pegal di leher.

Berdasarkan anjuran dari Society of Motion Pictures and Television Engineers (SMPTE) di Amerika Serikat, sudut pandang penonton ke posisi paling atas layar bioskop haruslah di bawah 35 derajat. Jika hal ini sudah dipenuhi maka pegal-pegal di leher tak akan terjadi.


Tempat Duduk Terbaik

2. Jangan Terlalu Jauh
Jika kriteria sebelumnya sebutkan bahwa posisi yang terlalu depan tak baik, maka sebaliknya posisi yang terlalu belakang pun juga tak disarankan. SMPTE menyarankan bahwa posisi belakang paling ideal untuk gedung bioskop adalah jika sudut pandang di tempat duduk paling ujung belakang tidak melebihi sudut 36 derajat. Ukuran ini juga digunakan dalam ruangan bioskop yang disertifikasi oleh sistem suara THX.

Jika sudutnya lebih dari itu, maka fokus penonton akan dengan mudah keluar dari layar, sehingga ruang kosong di sambing kanan dan kiri layar akan mengurangi kesempurnaan dalam menonton film.


Sudut Pandang

3. Kualitas Audio Harus Juga Diperhatikan
Selain kualitas gambar, kualitas suara juga harus diperhatikan. Poin ketiga ini masih jarang dipertimbangkan oleh banyak penonton. Talwalkar menyimpulkan bahwa posisi yang bisa memberikan efek audio terbaik adalah 2/3 jarak antara layar dan sisi belakang ruangan. Posisi ini disebutkan akan memberikan efek audio dan video yang maksimal untuk para penonton.

36 Derajat

4. Kesimpulan
Dari ketiga karakteristik di atas maka bisa disimpulkan bahwa posisi terbaik untuk duduk dalam bioskop adalah seperti gambar di bawah.

Jarak Audio
Posisi tersebut terhitung tak terlalu di depan atau belakang untuk menghindarkan pegal-pegal di leher selepas menonton film. Selain itu, posisi tersebut sudah memasuki area 2/3 ruangan jika dihitung dari layar bioskop, sehingga akan memberikan sudut pandang untuk gambar yang maksimal serta audio yang sempurna.

Tentu saja pemaparan ini hanyalah satu dari beberapa cara dalam memilih tempat duduk terbaik di bioskop, mengingat luas ruangan, ukuran layar, hingga ketinggian undakan bangku di setiap bioskop pasti berbeda-beda. Namun, tak ada salahnya juga untuk mencoba posisi ini ketika Agan2 menonton film bioskop.

Nah itu dia gan beberapa panduan dalam memilih tempat duduk terbaik di bioskop,tidak salah jika mencoba posisi tersebut,supaya nonton makin seru dan asik gan
Sekian dulu dari ane

SUMBER
Labels: Hiburan, Tips Trick
Back To Top