Kumpulan Hot Thread dan Top Thread Terbaik Kaskus!

Fakta Fenomenal Tentang Game Legendaris Street Fighter

Game Legendaris Street Fighter
Street Fighter
Siapa yang tidak kenal Street Fighter? Game fighting fenomenal nan legendaris ini sudah malang melintang selama puluhan tahun di dunia game, dirilis di berbagai platform game dan mempunyai basis penggemar yang cukup besar di seluruh dunia. Bahkan game ini sudah diadaptasi di berbagai media seperti komik / manga, serial animasi dan film adaptasi live-action.
Street Fighter
Kunci sukses dari Street Fighter terletak pada gameplay-nya yang unik, para karakter yang terdiri dari berbagai disiplin beladiri serta gerakannya yang luwes dengan jurus yang mudah dikuasai. Meskipun kemudian bermunculan game-game fighting serupa sebagai pesaing, namun nyatanya Street Fighter tetap bertahan sampai sekarang, dengan menelurkan seri terbarunya berjudul Street Fighter V. Nah kali ini ane akan membahas berbagai hal-hal menarik tentang Street Fighter yang ane rangkum dari berbagai sumber. Oke langsung saja meluncur ke TKP...Emoticons

1. Street Fighter memulai debutnya tahun 1987
dengan gameplay yang revolusioner
Street Fighter 1987Street Fighter pertama dirilis tahun 1987 untuk mesin arcade (ding dong). Game dengan format fighting 1 vs 1 terhitung langka waktu itu dan bukan genre populer, sehingga game ini pun juga tidak begitu diminati. Hal ini juga didukung oleh graphic dan tata suara yang buruk, serta gerakan pemain yang kaku. Karakter yang bisa dimainkan hanya Ryu dan Ken saja. Tapi jangan salah, Street Fighter menawarkan sesuatu yang benar-benar baru yaitu mengeksekusi jurus spesial dengan gerakan D-pad tertentu. Yess, Street Fighter telah memperkenalkan jurus Hadou-ken, Shoryu-ken, dan Tatsumaki Senpukyaku (jurus andalan Ryu dan Ken) lengkap dengan gerakan setengah lingkarannya. Sayang eksekusinya sangat sulit, disamping berbagai kekurangan yg disebutkan di atas, membuat game ini kurang menarik perhatian gamer kala itu.

2. Final Fight awalnya direncanakan sebagai
sequel resmi Street Fighter
Street Fighter Final 89Seri Final Fight merupakan game beat 'em up populer produksi Capcom. Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau Final Fight pertama (1989) pada proses pengembangannya sempat diposisikan sebagai sequel dari Street Fighter (1987) dengan judul awal Street Fighter '89. Bahkan berbagai majalah di Jepang menyebut game ini Street Fighter: The Final Fight. Ryu dan Ken direncanakan sebagai karakter utama meski kemudian digantikan oleh Cody dan Guy. Tetapi dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Final Fight dirilis menjadi game sendiri. Meskipun akhirnya beberapa karakter Final Fight muncul di game Street Fighter edisi selanjutnya seperti Guy dan Sodom yang muncul di Street Fighter Alpha (1995).

3. Sequel resmi Street Fighter akhirnya dirilis dan
mencatatkan hasil yang sangat fantastis
Street Fighter II: The World WarriorSequel Street Fighter akhirnya dirilis tahun 1991 berjudul Street Fighter II: The World Warrior. Kali ini dengan perubahan drastis dari segi gameplay, graphic dan playable karakter yang lebih banyak. Dan hasilnya benar-benar diluar dugaan, game ini meledak dengan popularitas yang luar biasa. Tahun 1993, tercatat game ini menghasilkan laba lebih dari 1,5 miliar dollar. Sebuah angka yang fantastis untuk tahun tersebut. Versi update berjudul Street Fighter II: Champion Edition (1992) dirilis dengan perbaikan gameplay, tambahan karakter berupa para boss dan power balancing yang lebih baik. Tahun 1995 versi arcade untuk Street Fighter II dan Street Fighter II: Champion Edition menghasilkan laba lebih dari 2,3 milyar dollar. Sedangkan versi konsol Super Nintendo terjual lebih dari 6,3 juta copy, sebuah angka penjualan yang luar biasa besar mengingat saat itu belum ada portal seperti Steam dan penjualan online belum secanggih sekarang.Street Fighter 2Kesuksesan Street Fighter II tentu membuat developer game lain mengadu nasib dengan membuat game fighting serupa. Tahun yang sama, SNK dengan pengembang bernama Alpha Denshi (ADK) merilis World Heroes dan berhasil mengganggu dominasi Street Fighter dengan angka penjualan tepat dibawahnya. Selain itu juga muncul judul-judul lain seperti Fatal Fury: King of Fighters, Art of Fighting dan lainnya yang menawarkan gameplay yang berbeda dan lebih bervariasi serta graphic yang lebih baik. Tapi tetap saja Street Fighter II dan versi Champion Edition tidak tergoyahkan.

4. Karakter M. Bison di Street Fighter II
terinspirasi dari seorang petinju terkenal
M. BisonLho M. Bison kan nama boss terakhir yang seperti jenderal itu, yang boss petinju kan bernama Balrog? Memang, tapi awalnya nama - nama para boss di game Street Fighter II: The World Warrior adalah sang petinju bernama M. Bison, petarung flamboyan bersenjata cakar besi bernama Balrog, petarung thai-boxing bernama Sagat dan sang jenderal bernama Vega. Hal tersebut bisa dijumpai di game versi Jepang. Nama M. Bison sendiri kepanjangan dari "Mike Bison" yang sudah tentu merujuk pada sang petinju kenamaan Mike Tyson. Apalagi dari gambaran fisik dan wajah sangat mirip sekali. Demi menghindari tuntutan hukum dari pihak Tyson, maka untuk Street Fighter II versi internasional (world) Capcom merotasi nama-nama boss menjadi yang kita kenal dan terus dipakai sampai sekarang. Sang petinju menjadi Balrog, petarung bercakar besi bernama Vega dan sang jenderal bernama M. Bison.

5. Street Fighter ternyata mempunyai spin-off
yang bergenre action side-scrolling
Street Fighter 2010: The Final FightEntah apa yang ada di benak Capcom, tahun 1990 mereka merilis sebuah spin-off Street Fighter berjudul Street Fighter 2010: The Final Fight, sebuah game action shooter side-scrolling untuk konsol NES. Game ini menceritakan Ken yang pensiun dari dunia pertarungan dan beralih profesi menjadi ilmuwan yang mengembangkan teknologi cyborg. Ken kemudian menggunakan teknologi cyborg pada dirinya demi membalas dendam kematian rekannya. Sedangkan versi Jepangnya mempunyai plot yang berbeda dan tidak ada sangkut pautnya dengan seri Street Fighter. Versi Jepang menceritakan seorang polisi cyborg bernama Kevin Straker, yang ditugaskan Galaxy Police untuk memberantas para penjahat intergalaksi. Sudah bisa ditebak, game ini panen kritik negatif karena konten yang tidak nyambung tersebut.

6. Game fighting pesaing ternyata dirancang
oleh pencipta Street Fighter sendiri
Fatal FuryGame Street Fighter pertama dirancang oleh Takashi Nishiyama dan Hiroshi Matsumoto. Sayangnya tepat setelah game dirilis. keduanya memilih hengkang dari Capcom dan bergabung ke SNK. Hal terebut bisa dikarenakan Street Fighter kurang sukses. Sedangkan SNK sendiri merupakan developer saingan Capcom di pasar mesin arcade. Salah satu game populer yang mereka ciptakan adalah Fatal Fury: The King of Fighters yang dirilis di tahun yang sama dengan Street Fighter II: The World Warrior. Di tahun 2000, saat SNK gonjang-ganjing, keduanya bersama beberapa mantan karyawan SNK mendirikan Dimps, developer yang terkenal dengan game Dragon Ball Z: Budokai (2002). Nishiyama dan Capcom akhirnya bekerja sama kembali setelah Dimps dipilih untuk mengembangkan Street Fighter IV (2008), setelah seri ini vakum sejak tahun 2000.

7. Film adaptasi Street Fighter II sukses secara komersial
tetapi dihujani kritik negatif oleh kritikus
Street Fighter MovieKesuksesan Street Fighter II membuat sineas Hollywood mencoba peruntungan dengan membuat film adaptasinya. Dirilis tahun 1994, film ini terlihat menjanjikan dengan menggandeng aktor beken macam Van Damme, Raul Julia, Kylie Minogue dll. Filmnya menghadirkan seluruh tokoh2 Street Fighter II, dengan tokoh utama Guile (Van Damme). Secara komersial, film ini berhasil meraup hampir 100 juta dollar dari pemutaran di seluruh dunia. Tapi secara kualitas, film ini justru banjir cibiran dan review buruk dari para kritikus maupun fans Street Fighter sendiri. Selain karena plot film yang menyimpang jauh dari game-nya, para kritikus menilai "adegan pertarungan di film ini memalukan dengan banyak dialog yang bodoh". Kylie Minogue yang berperan sebagai Cammy pun disebut sebagai "kesalahan casting".Jenderal M. BisonPara kritikus justru memuji akting Raul Julia sebagai Jenderal M. Bison, yang memang aktingnya cukup prima sebagai sang warlord. Berkat penampilannya, aktor asal Puerto Rico tersebut mendapat penghargaan Best Supporting Actor dari Saturn Award th 1994, yang sayangnya tidak bisa dinikmatinya. Lho kok? Ya, dua bulan sebelum film ini dirilis, tepatnya bulan Oktober 1994, Raul Julia meninggal dunia karena infeksi kanker perut yang sudah dideritanya sejak awal tahun.Emoticons

8. Para jagoan Street Fighter II muncul di film Jackie ChanStreet Fighter City HunterBagi penggemar film-film Jackie Chan, pasti sudah tahu kan di film City Hunter (1993), ada adegan pertarungan para jagoan Street Fighter II. Diceritakan saat bertarung dengan musuh bernama Kim (diperankan aktor laga Gary Daniels) di arena dingdong, Ryo (Jackie Chan) tidak sengaja kesetrum, sehingga berhalusinasi seolah-olah menjadi jagoan Street Fighter. Jackie sendiri berperan menjadi E.Honda dan Chun Li, sedangkan si Gary menjadi Ken. Ternyata adegan tersebut memuat hampir semua elemen gamenya baik dari bentuk karakter, sound efect, stage music hingga voice act. Semuanya dikemas dengan adegan komedi khas film-film Jackie Chan yang mengundang tawa.Emoticons
youtube-thumbnail

9. Film parodi Street Fighter II dibuat oleh sutradara Hong KongStreet Fighter Future CopsSutradara Wong Jing sepertinya memang kerajingan Street Fighter II. Setelah City Hunter, di tahun yang sama, Wong Jing kembali menyutradarai film bertema Street Fighter berjudul Future Cops. Bedanya, film ini murni parodi sehingga nama-nama tokohnya merupakan plesetan, misalnya Ti Man (Vega), Broomhead (Guile), Rung (Ryu), Thai-king (Sagat), Chun-Mei (Chun Li), Toyota (E.Honda)Emoticons dll. Meskipun bergenre parodi komedi, toh nyatanya film ini digarap serius dengan menghadirkan bintang2 mandarin ternama saat itu seperti Andy Lau,. Jacky Cheung, Aaron Kwong, Simon Yam, Dicky Cheung, dan lainnya. Selain Street Fighter, film ini juga memparodikan anime seperti Doraemon dan Dragon Ball. Menurut ane sih, film ini jauh lebih seru dan berkarakter dibanding Street Fighter versi Van Damme.
10. Seri baru Street Fighter dirilis setelah
sebelumnya vakum selama sembilan tahun
Street Fighter EX3Setelah Street Fighter EX3 dirilis tahun 2000, seri Street Fighter mengalami hiatus cukup lama. Ide tentang seri baru dicetuskan oleh Yoshinori Ono, yang selama ini menjadi produser game2 Capcom. Ono melihat masih banyak fans memainkan Street Fighter versi lawas sehingga seri baru tentu akan disambut antusias. Capcom lalu menggandeng Dimps, developer yg digawangi oleh Takashi Nishiyama, mantan pegawai Capcom sekaligus sang kreator Street Fighter, untuk mengambangkan seri baru berjudul Street Fighter IV. Meskipun berembel2 "IV", nyatanya Capcom menginginkan game ini lebih bercitarasa Street Fighter II, dengan menghadirkan seluruh karakternya, dan penambahan beberapa karakter baru. Meskipun bercitarasa klasik, toh Street Fighter IV tetap menggunakan graphic 3D yang keren dengan fitur yang komplet. Street Fighter IV dirilis tahun 2008 dan mendapat sambutan antusias dari para fans serta kritik positif dari berbagai situs game. Sampai sekarang, game ini telah terjual sebanyak 3,4 juta copy.

11. Menyambut ulang tahun Street Fighter ke-25,
Capcom merilis Collector's Set
Collector Set Street FighterMerilis Collector's Set bagi sebuah seri game bukanlah hal baru. Menyambut ulang tahun Street Fighter ke-25 yang jatuh di tahun 2012, Capcom merilis Street Fighter 25th Anniversary - Collector's Set untuk platform XBox 360 dan PS3. Isinya pun tidak main-main dan sangat komplit yaitu 2 keping DVD game berisi Street Fighter IV, SF X Tekken, Super Street Fighter II Turbo HD Remix, dan Street Fighter III: 3rd Strike Online Edition serta berbagai DLC kostum. Selain game, paket ini juga berisi sebuah action figure Ryu sedang melakukan Shoryuken, DVD film dokumenter tentang Street Fighter selama 25 tahun, 2 DVD berisi anime dan OVA, 11 CD soundtrack dari Street Fighter versi lawas (1987) sampai SF X Tekken (2012) dan sebuah sabuk hitam karate milik Ryu. Paket ini dirilis tahun 2012 dengan harga 150 dollar, Sedangkan harga terakhir di Amazon sekarang mencapai 177 dollar atau sekitar 2,2 juta rupiah. Tertarik?

Hadouken
Nah, itu tadi beberapa fakta-fakta menarik tentang game Street Fighter. Mungkin masih banyak fakta-fakta menarik lainnya mengingat game ini sudah cukup lama berkiprah di dunia game, sehingga tidak mungkin ane sebutkan semuanya. Oke, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa komennya ganEmoticons

Sumur:
https://en.wikipedia.org/wiki/Street...r_(video_game)
http://streetfighter.wikia.com/wiki/Final_Fight
https://en.wikipedia.org/wiki/Dimps
https://en.wikipedia.org/wiki/Future_Cops
https://en.wikipedia.org/wiki/Street_Fighter_IV
http://www.streetfighter25.com/en/collectors-set/
gambar dari Google

Thank You
Labels: Fun Fact, Hiburan
Back To Top